Kamis, 12 Januari 2012

PASAR MONOPOLI

PASAR MONOPOLI
      Pasar monopoli : struktur pasar dimana penjual tunggal (single firm producer) memproduksi suatu komoditas yg tidak memiliki barang substitusi yg dekat.
      Ciri utama :
     Pangsa pasar tinggi
     Produsen tunggal
     Produsen adalah Price Maker
     Ada rintangan untuk memasuki pasar :
      Skala ekonomi
      Keunggulan biaya absolut à FC besar
      Sunk expenditure oleh pemain baru
      Hak Patent
      Penguasaan Input
      Franchise
     Penyebab terjadinya monopoli :
     Merger
     Skala ekonomi yg besar yg ditunjang efisiensi
     Persaingan yg tidak sehat
     Penguasaan input kunci
     Dukungan pemerintah :
      Hak paten
      Monopoli franchises
      Kerjasama dg pemerintah

      # Dua perbedaan utama antara monopoli dan pasar persaingan adalah : hanya ada satu penjual dan rintangan masuknya perusahaan/produsen lain
      # Monopolist merupakan “price maker” di mana ia dapat bebas menentukan harga pasar. Ketika ia menaikkan harga maka akan menurunkan kurva permintaan pasar sehingga output yang dapat disediakan juga menurun à Konsep Marginal Revenue (MR) monopolist
      # Marginal Revenue (MR) à perubahan total revenue akibat perubahan output per unit  

PERMASALAHAN KEKUATAN PASAR
      Banyak kebijakan publik terkait dunia usaha didasarkan bahwa monopoli “inefisien” dalam mengorganisasi produk. Dalam pembahasan ini akan dibuktikan inefisiensi monopoli à akan diukur nilai sosial dari jumlah output yang ditransaksikan di pasar à Deadweight Welfare Loss (DWL).
      Monopoli tdk menguntungkan krn monopolis akan membatasi output dan menerapkan harga produk lebih tinggi dari biaya oportunitas sumber daya yg digunakan.
      Untuk mengukur besarnya inefisiensi, kita ukur dg besarnya nilai sosial yg dihasilkan oleh sejumlah produk à konsep consumers’ surplus
      Surplus konsumen : Selisih antara jumlah harga yang bersedia di bayar oleh konsumen (willingness to pay) thd suatu barang dg harga riil barang tsb di pasar.
Kebijakan Pemerintah untuk mengurangi efek negatif Monopoli
      Menerapkan UU anti monopoli
      Mendirikan perusahaan tandingan
      Membuka kran impor
      Regulasi tertentu :
     Memperlakukan monopoli sebagai pesaing sempurna à Penetapan harga dimana MC = P
     Membuat monopolis hanya menerima laba normal   à penetapan harga dimana AC = P
     Mengenakan pajak laba


PERUSAHAAN DOMINAN
      Monopoli (satu dan hanya satu-satunya penjual) secara riil adalah sangat jarang.
      Yang ada : industri yang disuplai oleh sebuah perusahaan besar (perusahaan dominan) dan beberapa perusahaan skala kecil (perusahaan pinggiran).
      Perbedaan antara perusahaan monopoli dg perusahaan dominan :
     Kendala yang dihadapi oleh monopolis adalah kurva permintaan pasar. Jika harga dinaikkan maka konsumen akan meninggalkan pasar.
     Masalah yang dihadapi perusahaan dominan: kemungkinan jika harga dinaikkan maka konsumen akan mulai membeli dari perusahaan kompetitor yang skalanya lebih kecil.

PERILAKU PERUSAHAAN DOMINAN
      Perusahaan dominan menggunakan posisinya untuk menentukan harga agar menghalangi pendatang baru dan ekspansi perusahaan lain yang akan mengganggu posisi dominannya.
      Cara yg ditempuh adalah dengan strategi pembatasan kapasitas dan pembatasan harga.
      Berikut akan kita bahas kemungkinan ekspansi pemain lama / adanya pendatang baru yang mempengaruhi perilaku perusahaan dominan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar