PASAR MONOPOLI
• Pasar monopoli : struktur pasar dimana penjual tunggal (single firm producer) memproduksi suatu komoditas yg tidak memiliki barang substitusi yg dekat.
• Ciri utama :
– Pangsa pasar tinggi
– Produsen tunggal
– Produsen adalah Price Maker
– Ada rintangan untuk memasuki pasar :
• Skala ekonomi
• Keunggulan biaya absolut à FC besar
• Sunk expenditure oleh pemain baru
• Hak Patent
• Penguasaan Input
• Franchise
– Penyebab terjadinya monopoli :
– Merger
– Skala ekonomi yg besar yg ditunjang efisiensi
– Persaingan yg tidak sehat
– Penguasaan input kunci
– Dukungan pemerintah :
• Hak paten
• Monopoli franchises
• Kerjasama dg pemerintah
• # Dua perbedaan utama antara monopoli dan pasar persaingan adalah : hanya ada satu penjual dan rintangan masuknya perusahaan/produsen lain
• # Monopolist merupakan “price maker” di mana ia dapat bebas menentukan harga pasar. Ketika ia menaikkan harga maka akan menurunkan kurva permintaan pasar sehingga output yang dapat disediakan juga menurun à Konsep Marginal Revenue (MR) monopolist
• # Marginal Revenue (MR) à perubahan total revenue akibat perubahan output per unit
PERMASALAHAN KEKUATAN PASAR
• Banyak kebijakan publik terkait dunia usaha didasarkan bahwa monopoli “inefisien” dalam mengorganisasi produk. Dalam pembahasan ini akan dibuktikan inefisiensi monopoli à akan diukur nilai sosial dari jumlah output yang ditransaksikan di pasar à Deadweight Welfare Loss (DWL).
• Monopoli tdk menguntungkan krn monopolis akan membatasi output dan menerapkan harga produk lebih tinggi dari biaya oportunitas sumber daya yg digunakan.
• Untuk mengukur besarnya inefisiensi, kita ukur dg besarnya nilai sosial yg dihasilkan oleh sejumlah produk à konsep consumers’ surplus
• Surplus konsumen : Selisih antara jumlah harga yang bersedia di bayar oleh konsumen (willingness to pay) thd suatu barang dg harga riil barang tsb di pasar.
Kebijakan Pemerintah untuk mengurangi efek negatif Monopoli
• Menerapkan UU anti monopoli
• Mendirikan perusahaan tandingan
• Membuka kran impor
• Regulasi tertentu :
– Memperlakukan monopoli sebagai pesaing sempurna à Penetapan harga dimana MC = P
– Membuat monopolis hanya menerima laba normal à penetapan harga dimana AC = P
– Mengenakan pajak laba
PERUSAHAAN DOMINAN
• Monopoli (satu dan hanya satu-satunya penjual) secara riil adalah sangat jarang.
• Yang ada : industri yang disuplai oleh sebuah perusahaan besar (perusahaan dominan) dan beberapa perusahaan skala kecil (perusahaan pinggiran).
• Perbedaan antara perusahaan monopoli dg perusahaan dominan :
– Kendala yang dihadapi oleh monopolis adalah kurva permintaan pasar. Jika harga dinaikkan maka konsumen akan meninggalkan pasar.
– Masalah yang dihadapi perusahaan dominan: kemungkinan jika harga dinaikkan maka konsumen akan mulai membeli dari perusahaan kompetitor yang skalanya lebih kecil.
PERILAKU PERUSAHAAN DOMINAN
• Perusahaan dominan menggunakan posisinya untuk menentukan harga agar menghalangi pendatang baru dan ekspansi perusahaan lain yang akan mengganggu posisi dominannya.
• Cara yg ditempuh adalah dengan strategi pembatasan kapasitas dan pembatasan harga.
• Berikut akan kita bahas kemungkinan ekspansi pemain lama / adanya pendatang baru yang mempengaruhi perilaku perusahaan dominan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar